Jumat, 28 September 2018

Mengontrol Movie Clip (onClipEvent)

Selain simbol button, movie clip juga merupakan simbol yang bisa diberi action script. Berikut berbagai cara mengontrol movie clip :

Menjalankan Movie Clip Dengan Sistem Koordinat (Sumbu X dan Sumbu Y)

Sebelumnya, saya akan menjelaskan perbedaan sistem koordinat antara pada rumus Matematika dan sistem koordinat pada layar komputer.

Sistem Koordinat Pada Rumus Matematika :
Untuk sumbu x semakin ke kiri, maka nilai x semakin kecil. Sebaliknya, semakin ke kanan, maka nilai x semakin besar.

Untuk sumbu y semakin ke bawah, maka nilai y semakin kecil. Sebaliknya, semakin ke atas, maka nilai y semakin besar.

Sistem Koordinat Pada Layar Komputer :
Untuk sumbu x semakin ke kanan, maka nilai x semakin besar. Sebaliknya semakin ke kiri, maka nilai x semakin kecil

Untuk sumbu y semakin ke bawah, maka nilai y semakin besar. Sebaliknya, semakin ke atas, maka nilai y semakin kecil. 

Untuk menjalankan movie clip menuju stage, masukkan Action Script di dalam movie clip dengan mengklik objek movie clip tersebut.

Action Script yang digunakan adalah :
onClipEvent(enterFrame){_x=nilai sumbu x;_y= nilai sumbu y;}

Keterangan : Tulisan berwarna merah diganti dengan angka, tidak perlu menggunakan tanda kutip. Jangan menggunakan spasi dalam penulisan action script. 

Jika kamu menaruh movie clip di sudut kiri atas stage, paling tidak kamu harus memasukkan angka 10 agar terlihat pergeserannya.
  
Atau onClipEvent(load){_x =nilai sumbu x;_y =nilai sumbu y; }

Keterangan : Kalimat koordinat sumbu x dan koordinat sumbu y jangan diganti dengan angka. Yang diganti dengan angka hanya yang diberi warna merah.

Perbedaan menggunakan onCliptEvent(enterFrame) dan onCliptEvent(load) adalah :

onClipEvent(enterFrame) adalah perintah untuk movie clip sepanjang frame tempat movie clip tersebut aktif.

onClipEvent(load) adalah perintah untuk menjalankan movie clip sekali saja, yaitu ketika movie clip tersebut diload (ditampilkan).

Keterangan : Perbedaan tersebut baru dapat terlihat jika kamu sudah membuat suatu animasi pada frame-frame awal dan baru meletakkan atau memfungsikan Action Script tersebut pada movie clip yang ada dalam frame selanjutnya. 

Kamu bisa menjalankan banyak movie clip dengan Action Script tersebut di atas.

Memperbesar Skala Atau Ukuran Movie Clip

Ukuran normal atau setelan default suatu objek adalah 100. Jika kamu memasukkan nilai di bawah 100, maka objek akan menjadi lebih kecil. Sebaliknya, jika kamu memasukkan nilai di atas 100, maka objek akan menjadi lebih besar.

Action Script menggunakan _xscale dan _yscale, seperti berikut :
onClipEvent(load){
_xscale=nilai skala;
_yscale=nilai skala;}

Keterangan : Kamu bisa mengganti load dengan enterFrame sesuai keperluan kamu. Nilai skala diganti dengan angka. 

Untuk mengubah lebar menggunakan _xscale. Untuk mengubah tinggi movie clip menggunakan _yscale. Kamu tidak perlu memasukkan antara keduanya, cukup sesuai kebutuhan kamu saja.

Menghilangkan Dan Menampakkan Movie Clip Dalam Frame 

Untuk menghilangkan dan menampakkan movie clip gunakan Action Script : _visible . Action Script ini biasanya diperlukan dalam pembuatan game action dan adventure terutama di dalam movie clip atau objek musuh.

Action Script pada frame 1 diletakkan di dalam movie clip dengan script :
onClipEvent(enterFrame){_visible=false;}

Action Script untuk menampakkan kembali movie clip dengan script :
onClipEvent(enterFrame){_visible=true;}

Keterangan : Action Script untuk menampakkan kembali movie clip ditaruh pada frame berikutnya, tapi masih di dalam movie clip tersebut dengan cara menekan F6 (insert -> timeline -> keyframe) pada frame berikutnya.

Membuat Movie Clip Tampak Transparan

Jika kamu mempunyai imajinasi membuat animasi kartun yang memiliki kemampuan menghilangkan diri, seperti halnya Harry Porter, mungkin kamu membutuhkan Action Script ini.

Action Script untuk membuat movie clip tampak transparan :
onClipEvent(enterFrame){_alpha=nilai transparancy;}

Keterangan : Nilai transparancy diganti dengan angka antara 0 – 100. Jika angka semakin kecil dari 100, maka movie clip semakin transparan. Jika kamu memasukkan angka 0, maka movie clip tidak akan tampak, sehingga hampir sama dengan action script _visible=false.


Membuat Movie Clip Berotasi

Action Script :

onClipEvent(enterFrame){_rotation+=nilai kecepatan;}

Atau

onClipEvent(enterFrame){_rotation-=nilai kecepatan;}

Keterangan : Jika kamu ingin membuat movie clip berputar ke arah kiri kita, gunakan tanda minus, sedangkan jika kamu ingin membuat movie clip berputar ke arah kanan kita atau searah dengan arah jarum jam, gunakan tanda plus.

Untuk nilai kecepatan terkecil adalah 1, sedangkan untuk nilai kecepatan terbesar adalah tidak terbatas. Semakin kecil angka yang kamu masukkan untuk nilai kecepatan, maka rotasi movie clip akan semakin lambat dan sebaliknya.


Mengubah Ukuran, Rotasi Atau Penampakan Movie Clip Menggunakan Tombol

Untuk mengontrol movie clip mulai dari ukuran, rotasi, penampakannya atau salah satu saja dengan menggunakan tombol, maka memerlukan Action Script : setProperty dengan syarat movie clip harus diberi nama terlebih dahulu pada bagian instance name.

Untuk pemberian nama spasi diganti dengan _ atau sebaiknya tidak perlu ada spasi. Selain itu, jangan menggunakan tanda baca apa pun. Jika ingin memasukkan angka, harus disertai dengan huruf.

Action Script :

on(release){setProperty(“instance name”,_xscale,nilai skala);
setProperty(“instance name”,_yscale,nilai skala);}

Keterangan : Jika pada action script sebelumnya menggunakan sama dengan (=), untuk action script mengubah property movie clip dengan tombol adalah menggunakan koma (,).

Satu tombol dapat mengubah property apa pun untuk satu movie clip. Jika kamu ingin mengubah transparancy movie clip, kamu tinggal menambahkan di bawah Action Script di atas :
on(release){setProperty(“instance name”,_alpha,nilai transparancy);}

Selalu kembali masukkan action script on(release), setProperty dan selalu di tutup kurung kurawal (}).


Mengontrol Ukuran, Rotasi Atau Penampakan Movie Clip Dengan Mouse

Selain dengan menggunakan tombol, kamu bisa mengontrol ukuran, rotasi dan penampakkan movie clip dengan mouse (mouseMove).

Action Script :

onClipEvent(mouseMove){
_root.instance name movie clip._xscale=(_root._xmouse/lebar stage)*nilai skala;
_root.instance name movie clip._yscale=(_root._ymouse/tinggi stage)*nilai skala;
_root.instance name movie clip._alpha=(_root._xmouse/lebar stage)*nilai transparancy;
_root.instance name movie clip._alpha=(_root._ymouse/tinggi stage)*nilai transparancy;
updateAfterEvent;}

Keterangan : Untuk instance name movie clip tidak perlu diberi tanda kutip. Untuk melihat ukuran stage dengan cara menekan ctrl+J. Untuk nilai skala dan nilai transparan diganti dengan angka sesuai ketentuan yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Jika kamu tidak ingin mengubah penampakkan movie clip, hapus action script yang _alpha.

Jika ingin mengontrol rotasi movie clip tambahkan action script sebelum updateAfterEvent dengan action script _rotation. Untuk nilai rotasi atau setelah tanda *, masukkan derajat rotasi, tapi tidak perlu menggunakan simbol derajat, misal 30, 45, 90, 180 atau 360.


Mengubah Ukuran, Rotasi, Penampakan Movie Clip Tanpa Tombol Dan Mouse

Action Script :

onClipEvent(enterFrame){_x=_x+nilai kecepatan bergerak ke kanan;
_rotation=_rotation+nilai kecepatan rotasi;
_xscale=_xscale+nilai skala;
_yscale=_yscale+nilai skala;
_alpha=_alpha-nilai transparancy;}

Keterangan : Masing-masing tulisan yang berwarna merah diganti dengan angka. Untuk nilai kecepatan bergerak ke kanan, jika lebih besar dari angka satu, maka akan lebih cepat bergerak ke kanan.

Jika kamu ingin movie clip bergerak ke kiri, maka ganti _x=_x+nilai kecepatan bergerak ke kanan dengan _y=_y+nilai kecepatan bergerak ke kiri. Tetapi dengan syarat, movie clip harus ditaruh di sebelah kanan dari sisi stage.

Untuk nilai kecepatan rotasi, paling kecil atau paling lambat adalah 10. Jika kurang dari 10, maka akan didahului oleh fungsi transparancy atau movie clip lebih dulu menghilang dari pandangan daripada berputar.

Untuk nilai skala, paling kecil adalah angka 1. Begitu pun dengan nilai transparancy, paling kecil adalah angka 1. Jika kamu memasukkan angka di atas 1 untuk nilai transparancy, maka movie clip akan lebih cepat menghilang dari pandangan.


Membuat Movie Clip Memantul Ke Kanan Dan Ke Kiri

Action Script :

onClipEvent(load){
n=-nilai kecepatan;}
onClipEvent(enterFrame){
_x=_x+n;
if((_x<0 or="" x="">lebar stage)){
n=-(n);
}}

Keterangan : Tulisan berwarna merah diganti dengan angka. Untuk nilai kecepatan terkecil adalah 1, maka movie clip akan bergerak sangat lambat. Untuk memberi efek memantul, mungkin sebaiknya kamu memasukkan angka 50.


Membuat Movie Clip Memantul Ke Atas Dan Ke Bawah

Action Script :

onClipEvent(load){n=-nilai kecepatan;}
onClipEvent(enterFrame){_y=_y+n;
if((_y<0 or="" y="">tinggi stage)){
n=-(n);
}}


Membuat Movie Clip Kedap-Kedip

Action Script :

onClipEvent(load){n=-nilai kecepatan;}
onClipEvent(enterFrame){_alpha=_alpha+n;
if((_alpha<0 alpha="" or="">100)){n=(-n);}}

Keterangan : Untuk nilai kecepatan yang terkecil adalah 1. Angka 0 setelah _alpha< bisa diganti dengan angka yang lebih besar dari 0, tapi jika diganti movie clip tidak akan terlihat benar-benar hilang dari pandangan.


Membuat Movie Clip Berotasi Bolak-Balik Pada Porosnya

Action Script :

onClipEvent(load){n=nilai kecepatan;}
onClipEvent(enterFrame){_rotation=_rotation+n;
if((_rotation==0)or(_rotation==nilai derajat)){n=(-n);}}

Keterangan : Tulisan yang berwarna merah diganti dengan angka. Untuk nilai derajat tidak perlu memasukkan simbol derajat.


Mengontrol Movie Clip Ke Atas, Ke Bawah, Ke Kanan Dan Ke Kiri Dengan Tombol

Sebelumnya kamu harus membuat empat tombol di layer yang berbeda dengan movie clip.

Action Script:

Untuk Tombol Ke Atas
on(release){instance name._y=instance name._y-nilai kecepatan;}

Untuk Tombol Ke Bawah
on(release){instance name._y=instance name._y+nilai kecepatan;}

Untuk Tombol Ke Kanan
on(release){instance name._x=instance name._x+nilai kecepatan;}

Untuk Tombol Ke Kiri
on(release){instance name._x=instance name._x-nilai kecepatan;}

Keterangan : Instance name diganti dengan nama movie clip. Nilai kecepatan terkecil adalah 1. Jika pada percobaan pertama tombol tidak berfungsi, coba buat ulang tombol tersebut.



Menjalankan Movie Clip Ke Atas, Ke Bawah, Ke Kanan Dan Ke Kiri Dengan Keyboard


Action Script untuk menjalankan movie clip dengan keyboard ditulis dalam movie clip tersebut.


Action Script:

onClipEvent (enterFrame) {if (Key.isDown(Key.RIGHT)) {_x++;}
if (Key.isDown(Key.LEFT)) {_x--;}
if (Key.isDown(Key.UP)) {_y--;}
if (Key.isDown(Key.DOWN)) {_y++;}}


Keterangan : Jika menggunakan Action Script di atas, movie clip hanya berjalan persatu langkah atau terlihat sangat lambat.

Agar movie clip berjalan lebih cepat dengan menggunakan keyboard gunakan action script berikut :

onClipEvent(enterFrame){if(Key.isDown(Key.RIGHT)){this._x+=nilai kecepatan;}
if(Key.isDown(Key.LEFT)){this._x-=nilai kecepatan;}
if(Key.isDown(Key.UP)){this._y-=nilai kecepatan;}
if(Key.isDown(Key.DOWN)){this._y+=nilai kecepatan;}}

Keterangan : Nilai kecepatan dari 10 ke atas. This mengartikan movie clip yang sekarang akan digerakan. Penulisan tanda plus dan minus jangan di belakang sama dengan (=) karena akan lain artinya. 

Penulisan tanda plus dan minus di depan sama dengan (=) mengartikan :
_x+ : movie clip berjalan pada sumbu x ke arah kanan
_x- : movie clip berjalan pada sumbu x ke arah kiri
_y+ : movie clip berjalan pada sumbu y ke arah bawah
_y- : movie clip berjalan pada sumbu y ke arah atas 


Merubah Warna Movie Clip Dengan Tombol

Action Script ini tidak bisa digunakan untuk movie clip atau objek dengan banyak warna, seperti kartun dan lain-lain. Action Script ini hanya berlaku untuk movie clip yang memiliki satu warna.

Action Script :
Untuk Mengubah Movie Clip Menjadi Warna Merah

on(release){myColorObject=new Color(_root.instance name);
myColorObject.setRGB(0x990000);}

Keterangan : Penulisan new Color memang dengan spasi atau sampai warna tulisan berwarna biru di dalam panel Action Script. Instance name diganti dengan nama movie clip. Angka 990000 adalah kode untuk warna merah. Kode warna dapat dilihat di sebelah warna yang ditunjuk setelah mengklik fill color atau stroke color, tepat di sudut kiri atas.


Menduplikasi Movie Clip Dengan Tombol

Action Script :
on(release){duplicateMovieClip(_root.instance name,"instance nameCopy",2);
setProperty(_root.instance nameCopy,_x,_root.instance name._x+nilai sumbu x atau nilai jarak);
setProperty(_root.instance nameCopy,_yscale,nilai tinggi);}

Keterangan : angka 2 tidak diganti dengan angka apa pun. Nilai jarak untuk posisi di sudut kiri atas adalah angka 1.  Nilai tinggi terkecil agar semakin pipih adalah angka 1. Instance name diganti dengan nama movie clip. Untuk penulisan instance name Copy, kata Copy jangan diberi spasi dengan nama movie clip, misal “mcCopy”.

Untuk menghilangkan duplikasi dengan tombol menggunakan action script :

on(release){removeMovieClip(“instance nameCopy”);}


0 comments: