Sabtu, 22 September 2018

Game Tembak





Step by Step Instructions and Codes
Step 1 - Getting Started
Pastikan bahwa dokumen Anda disetel pada ukuran default yaitu 550 px kali 400 px. Pastikan bahwa frekuensi gambar Anda (fps) adalah antara 15 dan 24. Bukalah pustaka Anda (di bawah "Jendela" di bagian atas). Klik kanan di dalam perpustakaan Anda dan pilih "simbol baru". Pastikan bahwa simbol baru Anda adalah "klip film". Beri nama simbol baru "SpaceShip". Pastikan untuk menyebutkan dengan cara yang persis sama dengan yang saya miliki di sini. Jika tidak, kode Anda tidak akan berfungsi dengan benar. Gambarkan pahlawan Anda di layar. Ini bisa menjadi kapal angkasa, atau apa pun yang Anda inginkan. Kreatiflah di sini. Anda selalu dapat kembali dan mengubahnya nanti. Sejajarkan pendaftaran Anda, "+" di tengah, dengan apakah Anda akan ingin peluru Anda keluar. Jika pahlawan Anda memiliki pistol, pastikan untuk meletakkan ujung pistol di garis bidik dari pendaftaran.
Step 2 - Add Your Hero/Karakter
Kembali ke garis waktu utama. Klik dan seret kapal angkasa Anda (pahlawan) ke panggung. Di mana Anda menempatkan pahlawan Anda akan menentukan di mana dia akan mulai dalam permainan. Beri nama contoh "Kapal". Sekali lagi, kita harus sangat spesifik dengan ini. Perlu dieja persis sama dengan yang saya miliki di sini dengan modal "S".

Step 3 . Add Some Code
Salin dan sisipkan kode berikut ke panel tindakan dari bingkai pertama utama Anda timeline...
var timer = 8;
var nrEnemies = 3;
var lives = 3;
var score = 0;
for (i = 1; i < nrEnemies; i++)
{
_root.Enemy.duplicateMovieClip("Enemy" + i, _root.getNextHighestDepth());
}
var i = 0;
this.onEnterFrame = function()
{
timer++;
if (Key.isDown(Key.RIGHT))
{
if (Ship.hitTest(550, Ship._y, true))
{
Ship._x -= 10;
}
                        Ship._x += 10;
} else if (Key.isDown(Key.LEFT))
{
if (Ship.hitTest(0, Ship._y, true))
{
Ship._x += 10;
}
Ship._x -= 10;
} else if (Key.isDown(Key.UP))
{
if (Ship.hitTest(Ship._x - 40, 0, true))
{
Ship._y += 10;
}
Ship._y -= 10;
} else if (Key.isDown(Key.DOWN))
{
if (Ship.hitTest(Ship._x - 40, 400, true))
            {
                        Ship._y -= 10;
            }
Ship._y += 10;
}
if (Key.isDown(Key.SPACE))
{
i++;
                        if(timer >= 8)
                        {
                        _root.attachMovie("Bullet", "Bullet" + i, _root.getNextHighestDepth());
_root["Bullet" + i]._x = Ship._x + 3;
_root["Bullet" + i]._y = Ship._y;
                         var shoot_sound = new Sound();
                        shoot_sound.attachSound("shoot");
                        shoot_sound.start();
                         timer = 0;
                        }
            }
}
Sekarang uji game Anda dengan menekan "control + enter". Kapal Anda (pahlawan) harus bergerak di sekitar panggung dengan menekan tombol panah. Itu harus tetap di atas panggung dan tidak menghilang dari tepi.

Step 4. Crete Some Bullets
Klik kanan lagi di perpustakaan Anda. Buat "simbol baru" lagi dan pastikan itu adalah klip film. Beri nama "Peluru". Pastikan untuk mengklik tombol radio "ekspor untuk naskah tindakan". Jika Anda tidak melihatnya, klik tombol lanjutan untuk melihat opsi. Dalam simbol peluru, gambar peluru Anda. Jadilah kreatif, itu bisa apa saja. Pastikan untuk meluruskan peluru Anda dengan sisi kanan tanda pendaftaran.
Tambahkan kode berikut ke panel tindakan bingkai pertama dari simbol "Peluru" timeline...
this.onEnterFrame = function()
{
for (i = 0; i < _root.nrEnemies; i++)
{
if (this.hitTest(_root["Enemy" + i]))
{
_root["Enemy" + i].reset();
_root.score += 10;
this.removeMovieClip();
}
}
            this._x += 12;
if (this._x > 550)
{
this.removeMovieClip();
}
}
Sekarang jalankan animasi Anda. Pahlawan Anda (Kapal) harus bergerak dan menembak peluru Anda ketika Anda menekan bilah spasi. Sangat keren, ya? Sekarang mari tambahkan beberapa orang jahat.

Step 5. Add Some Bad Guys
Klik kanan di perpustakaan Anda dan buat simbol baru. Sekali lagi, ini harus menjadi klip film. Namai simbol baru Anda "Enemy". Sekarang, gambar apa yang Anda inginkan dari musuh Anda. Setelah musuh Anda ditarik, kembalilah ke timeline utama Anda dan seret musuh Anda ke atas panggung. Memberi Anda musuh pertama nama instance (di bawah properti) dari "Enemy0", musuh kedua Anda harus memiliki nama instance "Enemy1" dan yang ketiga harus memiliki nama instance pada "Enemy2". Tambahkan kode berikut ke setiap instance di atas panggung. Untuk melakukan ini, klik kanan pada setiap musuh, pilih "tindakan" dan salin dan tempel kode berikut ...

onClipEvent(load)
{
function reset()
{
var timer = 12;
this._y = Math.random() * 300
this._x = 550
mySpeed = Math.ceil(Math.random() * 6) + 1;                  
}
reset();
}
onClipEvent(enterFrame)
{
//in every frame the enemy move left in the speed defined in the reset function.
this._x -= mySpeed;
if (this._x < -10)
{
//if the enemy is not on the screen, we reset it.
reset();
}
//if our timer is bigger than 12 we get a new
if (timer >= 12)
{
//direction to the Ship.
var dir = Math.ceil(Math.random() * 2)
//We get a random number, 1 or 2. 1 is up, 2 is down.
//Then we set timer to 0, so we only get a new dir when timer is bigger than 12
timer = 0;
}
if (dir == 1)
{
//if dir = 1, we move the ship up.
this._y -= 3;
} else if(dir == 2)
{
//if dir =  2, we move the ship down.
this._y += 3;
}
//increase timer by 1, so the timer gets equal to 12 and we get a new direction.
timer++
}

Sekarang jalankan animasinya lagi. Anda dapat terbang dan membunuh musuh, tetapi pahlawan Anda tidak mati ketika terkena.

Step 6. Code Your Hero (Ship)
Sekarang Anda siap untuk menambahkan kode ke instance kapal pada tahap garis waktu utama.
Klik kanan pada contoh kapal di timeline utama, pilih tindakan, dan tambahkan kode berikut ...
onClipEvent(load)
{
function reset()
{
this._x = 100;
this._y = 150;
}
reset()
}
onClipEvent(enterFrame)
{
for (i = 0; i < _root.nrEnemies; i++)
{
if (this.hitTest(_root["Enemy" + i]))
{
                         _root.lives -= 1;
                         if (_root.lives <= 0)
            {
                        _root.attachMovie("GameOver", "GameOver", 100)
                        _root.GameOver._x = 275
                        _root.GameOver._y = 150
                        this.swapDepths(10);
                        this.removeMovieClip();                                       
            }
                                    reset()
for(k = 0; k < _root.nrEnemies; k++)
{
_root["Enemy" + k].reset();
}                                
}
}         
}

Sekarang jalankan animasi Anda. Musuh Anda akan mati ketika Anda menembak mereka, dan mereka akan membunuh Anda ketika mereka memukul Anda. Di bagian dua, kita akan menghidupkan karakter kita.


0 comments: