Senin, 03 Agustus 2015

Apa saja yang harus dipersiapkan agar KKN dapat berjalan dengan lancar?

Bagi adik-adik mau KKN, khususnya Mahasiswa Universitas Cokroaminoto Dalam KKN, harus diperlukan persiapan yang matang, nah apa saja yang harus dipersiapkan agar KKN dapat berjalan dengan lancar? Berikut persiapan-persiapannya :
– Siapkan berkas-berkas yang diperlukan seperti buku catatan kegiatan harian (BCKH), matrik kegiatan, dan berkas lainnya yang diberikan dari pihak kampus, cek satu persatu jangan sampai ada yang tertinggal.
– Persiapkan program apa saja yang akan dilaksanakan, program bisa di rancang ketika observasi selesai dilakukan. Observasi dilakukan sebelum penerjunan dilakukan. Sebaiknya berinisiatif sendiri untuk melakukan observasi tanpa harus ditemani dosen pembimbing. Karena jika sudah melakukan observasi dari jauh-jauh hari, program KKN bisa dirancang lebih baik. Observasi harus benar-benar dilakukan dengan sangat baik, karena dengan observasi, barang-barang bawaan apa saja yang harus dibawa. Contohnya jika dilokasi KKN cuacanya sangat dingin, maka selimut wajib dibawa.
– Persiapkan obat-obatan pribadi sendiri, tujuannya nanti jika sakit pas dilokasi KKN bisa diobati langsung dari obat yang dibawa sendiri, jadi gak perlu beli.
– Persiapkan pakaian seperlunya, biasanya pakaian yang membuat barang bawaan jadi banyak, bawa saja pakaian seperlunya, gak usah banyak-banyak.
– Persiapkan semua materi yang akan disampaikan bagi yang akan melakukan sosialisasi ataupun praktik dilapangan.
– Persiapkan alat dan bahan jika akan dilakukan praktik lapangan. Walaupun dilokasi KKN sudah ada, tapi sebaiknya kita membawa sendiri dari rumah
– Kalau ada laptop dan printer, sebaiknya dibawa, biasanya diperlukan untuk membuat undangan, pengumuman, jadwal piket, daftar hadir warga
, membuat laporan
– Sebelum melakukan penerjunan, sebaiknya sudah dibagi-bagi tugas, siapa yang jadi ketua, sekretaris, bendahara. Kemudian pembagian tugas dibagikan sesuai bidangnya masing-masing.
– Bagi yang membawa kendaraan sendiri, kendaraan di cek apakah layak untuk digunakan di lokasi KKN. Bisanya dilokasi KKN, jalannya terjal naik turun.
– Untuk koneksi internet, persiapkan kartu apa saja yang paling baik digunakan di lokasi KKN, sebelumnya, pada saat observasi, sebaiknya semua kartu provider dibawa dan dites satu persatu.
– Persiapkan kamera untuk kegiatan dokumentasi
– Untuk masalah konsumsi, sebaiknya didiskusikan dengan tuan rumah, tanyakan apakah mau di masakkkan, masak sendiri atau masak bareng?
– Untuk keperluan MCK, pada saat observasi dicek apakah tempat MCK nya layak apa tidak, kalau tidak layak mohon izin dengan tuan rumah untuk bersama-sama memperbaikinya.
– Untuk keperluan tidur, sebaiknya tanyakan dengan tuan rumah, apakah sudah dipersiapkan kamarnya apa belum? misalnya kalau sudah dipersiapkan, gak perlu lagi membawa kasur ataupun bantal.
– Sebelum packing, sebaiknya barang-barang yang dibawa dicatat agar nanti pas mau pulang, bisa dicek catatannya barang apa saja yang akan dibawa pulang.
Sepertinya ini saja yang harus dipersiapkan, mungkin bagi Anda masih ada hal lain yang harus dipersiapkan.
Dalam melaksanakan KKN kita bisa mengakrabkan diri dengan warga, karena jika kita sudah sangat akrab dengan warganya tentunya program KKN nya akan mudah dilaksanakan. Dan yang terpenting jangan membuat ulah.
Selamat melaksanakan KKN dengan senang, ikhlas dan penuh tanggung jawab, jaga almamater kuningnya
semoga sukses.... :D :)

0 comments: