Jumat, 14 Oktober 2011

Langkah - langkah Membuat Film

Buat Kalian yang sedang dapet tugas membuat Film oleh dosen ato guru kalian, dan jika kalian awam sekali mengenai Film mungkin langkah - langkah ini dapat membantu agar kalian tidak bingung bagaimana sih cara membuat Film, karena Film bukan hanya sebuah rangkaian gambar dan suara yang memiliki cerita,, oke lah kita langsung aja ke topik.. hehe

1. PLANING ( PERENCANAAN )

Ini adalah tahap pondasi Film, mungkin kalo kalian udah Expert langkah ini dapat di lewati, tapi kayaknya gk mungkin karena ini akan menjadi dasar sebuah film, haha.. oke dalam tahap ini kalian melakukan perencanaan, seperti menentukan Cerita apa yang akan kalian angkat, bagaimana unsur intrisik sebuah cerita itu, siapa tokoh yang akan memainkannya, dan alat apa yang kalian ingin pakai, seperti Kamera, Tripot atau Clapperboard, kalo kalian gk punya yang bagus, pake aja yang biasa aja sesuai kebutuhan, jangan karena kalian hanya menggunakan Digicam 5 MP kalian gk jadi buat Film. dan jangan lupa atur Schedule pembuatan Film dan tentukan Crewnya,, siapa yang jadi Sutradara jangan sampai di film kalian Sutradaranya bersama - sama, jadi semua orang bisa bilang “CUT… AND CUT,,, OK BAGUS,, CUT BUNGKUSSS,, HAHA”.. Terus kameramannya siapa dan lainnya.

2. SCRIPTING ( PEMBUATAN SCRIPT / SKENARIO )

Ini termasuk tahap penting dalam pembuatan Film, ini yang akan menjadi Acuan utama kalian dalam Taking gambar nanti, biar gk ngaco dan gk keluar dari Cerita, Skenario adalah pengembangan Mendetil dari Cerita kalian, buat orang yang baru belajar, gk ada aturan berarti dalam pembuatan atau format skenario, buat dalam Versi kalian sendiri, tapi gk ada salahnya kalian mengetahui bagaimana Format Skenario yang benar. mungkin On Next Post w akan mencoba memposting bagaimana membuat Skenario.. tunggu yah.. Yg penting penggambaran setiap Scene jelas, its Okay…

3. TAKING ( PENGAMBILAN GAMBAR )

Bagian ini adalah hal yang terpenting dalam Film, kalo di bagian ini kalian sedikit salah dan melenceng maka Film kalian gk akan sebagus bayangan kalian sebelumnya,, di bagian ini sangat kerasa bagaimana pentingnya 2 tahap sebelumnya,, untuk teknik pengambilan gambar w kurang cukup menjelaskan disini, w bukan ahlinya hehe.. tapi coba kalian browsing, nanti kalian akan tahu bagaimana pengambilan yang bagus itu, apa yang dimaksud Angel, ada Top Shot sampai Crazy Angel, ada Extreme Long Shoot sampai Extreme Close Up dan Rule of Third,, begitulah.. oh ya jangan lupa catat setiap Scene yang kalian Take, seperti Scene ke berapa dan Take ke berapa, tanggal Dll..
Tips : Ambilah gambar di suatu lokasi hingga selesai, tidak perduli itu Scene berapa, habiskan semua Scene yang bertempat di suatu lokasi, jangan ikuti susunan Skenario, untuk memperhemat waktu,namun kalian harus mencatat dengan Detil.

4. EDITING ( PENGEDITAN )

Ini tahap yang cukup penting dalam Video, di sini kalian akan sangat memerlukan catatan Adegan pada saat Taking,, karena disini kalian akan menyeleksi Video - video yang kalian telah ambil sebelumnya pada saat taking,. dan mencoba untuk menyusunnya kemabali berdasarkan Skenario.. ok kalo kalian Awam mengenai hal ini, w merekomendasikan menggunakan Software bawaan Microsoft Windows yaitu Windows Movie Maker, ini software tergampang untuk kalian pelajari, atau mungkin kalian mau gunakan Ulead Video Studio, Versi terbasru menjadi Corel Video Studio Pro X2, ini cukup mudah di pahami dan hasil yang cukup memuaskan, atau Pro Show Gold, Camtasia Studio, Pinacle, atau mau yang expert Adobe Premiere… coba lah cari tutorialnya, atau bukunya untuk mempelajarinnya,,,

5. LAUNCHING ( PEMENTASAN )

Ini tahap akhir dari sebuah Film, setelah semua hal secara teknis selesai, kalian harus berani me-launch Film kalian, karena disini kalian akan mendapatkan banyak kritik, saran, dan komentar yang membangun untuk Film - Film kalian selanjutnya,, kalian tidak harus membayangkan Film kalian di Launch pada Festival Film di Cannes,, haha jauh amat, atau di Bioskop, tapi menunjukannya pada teman - teman dan guru juga terasa sudah cukup, lalu perluas jangkauan Film kalian, sehingga penonton makin bertambah, karena w yakin penonton akan memberi Motivasi besar dalam Film itu…

mudah - mudahan ini bermanfaat ....

0 komentar:

 
Safwan Kasma