Minggu, 16 Oktober 2011

Begadang

Begadang bukan hanya tak ada gunanya, tapi juga memicu kanker. Kenapa bisa begitu? Badan kesehatan dunia WHO baru saja mengeluarkan surat rekomendasi kepada begara anggota PBB untuk menilik kembali peraturan shift malam warganya.

Sel Rusak

Sebuah riset yang berlangsung dari 1987 oleh ahli kanker Steve Richards menunjukkan korelasi antara kerja malam dan kemungkinan menderita kanker. Orang-orang yang bekerja di malam hari hingga subuh atau pagi hari ternyata memiliki ketidakseimbangan hormon yang akhirnya mempengaruhi sistem kekebalan tubuh khususnya pada perkembangan sel-sel rusak yang seharusnya dihancurkan oleh sel-sel imun.

Pada tubuh normal, yakni waktu kerja pagi-sore, siklus metabolisme tubuh akan meningkat di pagi hari dan mulai menurun hingga malam hari. Saat seseorang memaksakan untuk terjaga di malam hari, tubuh akan memompa darah sebanyak mungkin dan mendorong sistem imun untuk meningkatkan sel-sel kekebalan tubuh seperti sel T dan CD4. Bila ‘pemaksaan’ ini dilakukan satu-dua kali, tubuh masih dapat memberikan toleransi tetapi saat menjadi kebiasaan, siklus tubuh yang diatur oleh jam biologis otak (circadian time clock) akan berubah dari default (pagi-sore) menjadi sore-pagi. Ini membuat kekebalan tubuh menurun di pagi hari dimana bibit penyakit dan bahan-bahan karsinogenik bertebaran di udara akibat perubahan suhu dan angin. Hasil riset ini dipublikasikan dalam The Lancet Oncology

Jangan suka begadang dan melewatkan istirahat di malam hari, karena saat itu, tubuh menjalankan fungsinya membuang racun secara alami. Jika pada jam-jam ini tubuh masih beraktifitas, proses detoksifikasi tak akan berjalan sempurna. Kerja hati dan empedu pun akan semakin berat. Berikut ini jadwal kerja pembuangan racun dalam tubuh:

- pukul 21.00-23.00, masa pembuangan zat-zat tidak berguna di bagian sistem antibodi (kelenjar getah bening). Selama durasi waktu ini seharusnya dilalui dengan suasana tenang atau mendengarkan musik.


- Pukul 23.00-01.00, masa untuk proses detoksifikasi di bagian hati. Agar dapat berjalan, Anda harus dalam keadaan tertidur pulas.

- 01.00-03.00, proses detoksinasi di bagian empedu, juga harus berlangsung dalam kondisi tidur.

- 03.00-05.00, proses detoksifikasi di bagian paru-paru. Inilah sebabnya, penderita batuk akan mengalami batuk hebat saat dini hari. Karena proses pembersihan kotoran telah mencapai saluran pernafasan, maka tak perlu minum obat batuk saat itu , agar tidak merintangi proses pembuangan kotoran secara alami.

- 24.00-04.00, sumsum tulang belakang memproduksi darah.

- 05.00-07.00, pembersihan di bagian usus besar, harus buang air.

- 07.00-09.00, waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil. Karenanya, jangan lewatkan sarapan.
Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat tidak berguna. Sebab itulah, tidurlah yang nyenyak, jangan begadang, dan jangan sampai kesiangan.

Sumber :

http://berbagisehat.com

memicu munculnya jerawat

Kurang tidur pada malam hari karena begadang tak hanya menurunkan stamina pada esok harinya, tetapi dapat memicu munculnya jerawat. Tidak percaya!

Memang belum ada bukti konkrit begadang penyebab timbulnya jerawat. Sebuah penelitian mengungkapkan, secara tidak langsung begadang akan memperburuk dan menambah parah jerawat yang sudah timbul di kulit.

Menurut Laporan Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, kurang tidur meningkatkan peradangan. Begadang bisa menghasilkan peradangan sistemik. Jerawat merupakan proses menggembungnya pori-pori kulit . Peradangan menjadi pemicu karena peningkatan jumlah-jumlah bahan sitokin dalam tubuh.

Berkurangnya tidur di malam hari juga mengurangi jumlah tidur yang dibutuhkan untuk meremajakan kulit tubuh. Kurang tidur juga menyebabkan stres dan meningkatkan kekebalan terhadap insulin dan depresi.

Stres merupakan faktor terpenting yang menimbulkan jerawat, dan meningkatnya kelenjar adrenalin yang berfungsi untuk memproduksi androgen. Keluarnya hormon ini memicu timbulnya pembentukan jerawat baru. Stres berdampak pada sistem kekebalan, sehingga memperlambat penyembuhan jerawat.

Begadang meningkatkan kekebalan terhadap insulin dalam tubuh. Begadang memaksa tubuh memproduksi insulin berlebihan. Hal ini meningkatkan produksi minyak yang potensial menimbulkan jerawat baru. Begadang juga menimbulkan kerangka mental dan emosi yang menimbulkan depresi. Depresi membuat sikap dan pikiran menjadi negatif.

Ciri-ciri Orang Yang Suka Begadang

1. Suka bangun kesiangan bahkan sampai sore
Ini dikarenakan kebiasaan tidak tidur semalaman sehingga siang dijadikan malam, malam dijadikan siang.

2. Lebih semangat bekerja saat malam tiba
Ya, disini orang yang sudah terbiasa begadang akan merasa sangat bergairah melakukan sesuatu di malam hari, entah itu untuk pekerjaan ataupun hal-hal lainnya.

3. Makan saat rasa lapar datang
Rata-rata orang yang hobi begadang terkadang lupa sama yang namanya makan, mereka cenderung asik dengan kegiatannya masing-masing. di saat perut mereka lapar baru mereka makan, jelas ini sangat tidak baik untuk kesehatan.

4. Makan jadi tidak teratur
Idealnya, salah satu cara pola hidup sehat adalah makan teratur tepat waktu. Kebanyakan mereka yang hobi begadang melalaikan aturan ini sehingga sering terkena berbagai penyakit seperti anemia, maag, dll.

5. Saat di depan komputer males ngapa-ngapain kalau nggak penting-penting amat
kalau yang ini relatif, karena banyak mereka yang hobi begadang karena keasikan di depan komputer seperti main game, browsing, dll.

6. Teman sejati rokok + kopi (tidak semua doyan)
Sepertinya ini sudah menjadi kewajiban dan menjadi kebiasaan bagi mereka yang hobi begadang, karena khususnya kopi bisa mengurangi rasa kantuk sehingga jangan aneh jika melihat orang yang hobi begadang pasti sangat doyan sama yang namanya kopi dan rokok.

7. Banyak ide males ngomong, harus dipancing supaya bisa mengutarakannya
Karena kurangnya intensitas tidur di malam hari sangat menguras tenaga dan pikiran mereka sehingga cenderung 'kurang aktif' dalam kehidupan sehari-hari

8. Tidur saat matahari terbit sama diomelin ortu
Mungkin ini berlaku bagi mereka yang masih tinggal bersama orang tua, kebiasaan begadang dan tidur saat matahari terbit jelas tidak baik untuk kesehatan.

9. Mata terlihat sayu-sayu ngantuk tapi semangat, berpenampilan layaknya orang bingung tapi banyak pengetahuan
Kebiasaan begadang jelas berpangaruh pada fisik seseorang, bukan hanya dari kondisi badan yang cenderung tidak sehat,lemas, juga berpengaruh pada mata yang terlihat sayu-sayu seperti zombie.

10. Tidak peduli besok masuk kerja jam berapa
Ini sesuatu yang sangat berbahaya bagi mereka yang hobi begadang. Mungkin karena intensitas tidur di malam hari yang kurang, sehingga melalaikan apa yang jadi kewajiban di siang hari.

Sumber: kaskus.us

0 comments: